https://row.im/

Cara Mencari Median

Posted on by Admin Ganteng

Median adalah nilai tengah dari sekumpulan data yang telah diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya. Cara mencari median adalah sebagai berikut:

cara mencari median

YouTube

Urutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar atau sebaliknya. Jika terdapat data yang berjumlah genap, maka urutkan data tersebut terlebih dahulu.

Jika data berjumlah ganjil, maka median adalah nilai tengah dari data tersebut. Caranya adalah dengan mengambil data pada posisi (n+1)/2, dimana n adalah jumlah data.

Jika data berjumlah genap, maka median adalah rata-rata dari dua nilai tengah. Caranya adalah dengan menjumlahkan dua data pada posisi n/2 dan (n/2)+1, kemudian dibagi dua.

Contoh: Terdapat data 5, 3, 2, 7, 6, 8, 4. Urutkan data tersebut menjadi 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. Karena jumlah data adalah ganjil, maka median adalah data pada posisi (7+1)/2 = 4, yaitu 5.

Contoh lain: Terdapat data 2, 4, 6, 8, 10, 12. Urutkan data tersebut menjadi 2, 4, 6, 8, 10, 12. Karena jumlah data adalah genap, maka median adalah rata-rata dari data pada posisi 6/2 = 3 dan (6/2)+1 = 4, yaitu (6+8)/2 = 7.

Dengan demikian, median dapat digunakan untuk menggambarkan nilai tengah dari data yang telah diurutkan. Hal ini berguna untuk mengetahui sebaran data tersebut dan menghindari pengaruh data ekstrim yang dapat memengaruhi nilai rata-rata.

Related Posts

This entry was posted in Tips & Trick and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

© 2024 Row Internet Marketing